Ngomongin tentang UN dan PTN di kelas 12 ini. Ga bakalan ada habisnya. Dan gue ngerasain itu. Topik selama yang di sekolah kayak:
"Lu mau masuk mana?"
"Jurusan apa?"
"Passing gradenya berapa?"
"Gue ga dibolehin jauh-jauh nih."
"Gue cadangan swasta aja."
Kira-kira kayak gitu.
Awal masuk semester 5 ni, ngomongin pengen jurusan mana. Gue udah fix Arsitektur.
Pertengahan semester 5, nentuin PTNnya pengen dimana. Dan sudah ketemu.
Akhir semester 5, Papa bilang begini, "Kak Alin masuk Teknik Mesin aja." Serasa disamber petir. Kenapa ga bilang dari awal?!!?! Dan pada akhirnya gue nyantumin Teknik Sipil di SNMPTN gue. Yeah, itu sudah fix. Cuman gatauuuu ke depannya bakalan gimana. ;-;
Dan katanya quota SNMPTN bakalan dikurangin. Tahun 2015 kan SNMPTN 50%:50% dengan SBMPTN. Sekarang katanya 40%:60%. Jadi yang akan dibanyakin itu dari SBMPTN.
#SiapSBMPTN (Padahal passing grade di TO masih di bawah rerata) T.T
Btw, yang gatau SNMPTN dan SBMPTN itu apaaa. Ini perbedaannya:
SNMPTN: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kita make nilai rapot dari semester 1 sampe semester 5.
SBMPTN: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kita bakalan dikasih ujian tertulis gitu. Dan soalnya juga lebih susah dari UN. Ga susah sih. Caranya lebih panjang atau rumit untuk pelajaran eksak kayak MTK, Fisika, dan Kimia.
Itu aja sih yang yang gue tangkep. Padahal selama SMA gue ga ngerti apa-apa yang namanya SNM/SBMPTN. Bahkan Universitas pun hanya tau ITB, UI, UGM, USU, dan UNISMA. L0L. Poor me. Meh.
Sekarang yang bakalan gue hadepin itu UN. UN, man!
Huwaaaa, gue mikirnya bakalan serem. UNnya make sistem komputer gitu. Cuman nanti kalo dijalanin pasti bakalan biasa aja. Ditambah belajar. #SolvedMyself.
Jadi, buat siapa aja yang udah baca post-an gue. Doain gue semoga keterima di PTN yang gue inginkan dan lancar dalam ngerjain soal-soal UN yang mematikan. Aamiin.
Mungkin lo kelas 12 juga kayak gue? Semoga kita keterima ya di PTN yang kita mau. Eaks.
Aamiin!!
Sukses buat kita!
Kathlien. <3


No comments:
Post a Comment